Kriteria dan Kirim Tulisan

Salik.id memuat artikel-artikel ringan, sederhana, maupun agak serius yang bisa diselesaikan sambil rebahan, menikmati secangkir kopi sembari menghayati semburat senja dan wajah kekasih, atau seusai mendoping kesehatan akal, jiwa, dan rasa pangrasa

Salik.id menerima tulisan-tulisan pendek (minimal 500 kata) dengan beragam topik dan perspektif dari penulis untuk beberapa rubrik diantaranya:

TETES EMBUN. Rubrik ini khusus untuk ruang cerita pendek dan puisi. Tidak ada batasan tema dan bentuk cerita pendek dan puisi. Khusus untuk puisi, dalam satu pengiriman minimal terdiri dari tiga puisi.

HIBERNASI. Rubrik ini memuat tulisan buah dari pencarian, perenungan, kegelisahan, dan/atau mengulas persoalan-persoalan apa pun. Bisa tema sosial, budaya, humanisme, kearifan lokal, politik, sejarah, pendidikan, dan pokoknya terserah semau-mau penulis ingin bahas apa. Bisa juga menulis buah tadabur atas petuah-petuah atau kata mutiara, tembang, ajaran-ajaran dari leluhur atau tokoh di Nusantara.

NOSTALGIA. Rubrik ini memuat tulisan berupa cerita, curhatan, rasan-rasan dari sebuah kerinduan, kejengkelan, kemangkelan, kegelisahan, kesenangan. Bisa juga berkisah tentang masa kecil yang tentunya sangat syahdu atau masa ketika sudah mengenal cinta tapi malah ditinggalkan saat lagi sayang-sayangnya. Pokoknya segala tragedi kehidupan yang dialami sendiri atau dari cerita teman. Ruang ini digelar untuk sambat berjamaah, melampiaskan kerinduan dan kemangkelan bersama. Kalian bisa menulis secara bebas dan merdeka di rubrik ini.

SENGGANG. Rubrik untuk tulisan tentang buku, film, karya seni, pertunjukan/teater, musik, game, sinetron, kuliner, pariwisata, otomotif, olahraga, teknologi, cerita perjalanan, kesehatan, fesyen, media sosial, cerita horor, pokoknya tulisan apa pun sesuka hati penulis. (Jika menulis resensi buku, film, seni pertunjukan, penulis menyertakan sampul buku atau poster film atau foto pertunjukan).

PUAN. Memuat segala hal tentang perempuan, seperti tokoh feminis, pemikiran feminisme, pejuang dan perjuangan perempuan, pahlawan perempuan, suara perempuan, isu-isu tentang perempuan, dan pokoknya tentang perempuan.

Berminat berbagi tulisan atau curhat atas segala kegelisahan dan kegalauan? Berikut syarat dan ketentuannya. 

  1. Kirim naskah ke surel redaksi (redaksisalik.id@gmail.com) dengan subjek nama rubrik (Tetes Embun; Hibernasi; Nostalgia; Senggang; Puan).
  2. Penulis wajib mengirimkan karya asli dan belum pernah dipublikasikan oleh media lain, baik dalam bentuk cetak atau digital.
  3. Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan menghubungi yang bersangkutan.
  4. Kontributor yang karyanya dimuat Salik.id boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal sembilan hari setelah tayang di Salik.id dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Salik.id.
  5. Jika dalam dua minggu karya yang dikirimkan belum mendapatkan balasan dari Salik.id, penulis berhak mengirimkan atau menerbitkan ke media lain.
  6. Penulis wajib menyertakan bionarasi atau data diri. Identitas diri minimal terdiri dari nama lengkap, domisili, akun media sosial. Boleh juga mencantumkan pendidikan atau instansi tempat bekerja. *Ditulis di halaman terakhir naskah.
  7. Penulis diperbolehkan mengirimkan karya sebanyak-banyaknya dan akan dimuat setelah melewati sistem kurasi.
  8. Sebelum tulisan ditayangkan, salik.id berhak menyunting tulisan kontributor.

Terakhir, apakah ada honor untuk penulis yang tulisannya terbit di salik.id? Teruntuk saat ini salik.id ditujukan sebagai ruang bersama untuk menuangkan beragam pemikiran, kegelisahan, kegundahan, kegalauan, kegembiraan, keriuhan dalam memandang dan menjalani kehidupan ini. Tak lupa, sebagai ikhtiar kecil untuk menjalin silaturahmi, merawat persaudaraan dan cinta kasih.

Salik.id saat ini belum menyediakan honor untuk kontributor, semoga kedepannya Gusti menjalankan salik untuk menghadirkan tali asih kepada kontributor. Teruntuk saat ini, yang ditawarkan salik.id adalah sebuah ruang dan mutu kurasi pun penyuntingan, tak lupa jua berupaya mengantarkan gagasan dan cerita pada pembaca.

Salam Literasi!
Indonesia Rumah Kita!